MANFAAT BATANG TANAMAN PATAH TULANG

Manfaat Batang Tanaman Patah Tulang
===============================






Tanaman patah tulang merupakan tanaman perdu yang banyak di guanakan sebagai obat seperti Obat Titan Gel dan tanaman ini biasanya ditanam sebagai penghias pekarangan. Batang patah tulang memiliki banyak cabang dan nampak seperti dahan patah. Karena bentuk batangnya yang semacam inilah tanaman asli Afrika ini disebut sebagai tanaman patah tulang. Selain patah tulang, tanaman ini juga memiliki nama lain seperti, kayu tabar, kayu jaliso, kayu langtolangan, kayu potong, kejuleso, pacing tawa dan tikel balung.

Batang patah tulang mengandung getah berwarna putih susu. Getah ini mengandung  euphorbone, taraksasterol, alaktucerol, euplol, zat karet dan juga zat pahit. Kandungan semacam ini membuat batang patah tulang sering dimanfaatkan sebagai obat penyakit kulit dan bahkan dipercaya dapat mengobati patah tulang. Tidak hanya itu, tanaman ini juga biasa dikeringkan lalu dibakar sebagai bahan alami pengusir nyamuk demam berdarah.

Selain dapat mengobati patah tulang seperti namanya, ternyata tanaman ini memiliki khasiat lain yang tak kalah mengagumkan. Berikut khasiat dan manfaat batang patah tulang yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya.









1. Mengeluarkan duri atau kaca yang menancap pada kulit

Jika Anda tak sengaja tertusuk duri, pecahan kaca atau serpihan kayu, getah  batang patah tulang bisa menjadi solusi yang paling mujarab. Getah patah tulang akan mengeluarkan duri, pecahan kaca atau serpihan kayu dengan sendirinya tanpa menimbulkan luka baru. Caranya, ambil batang tanaman patah tulang, lalu patahkan. Teteskan getah pada area yang tertusuk lalu biarkan beberapa saat. Setelah getah mengering, cabut duri, pecahan kaca atau serpihan kayu dengan bantuan pinset.

2. Kapalan atau kutil

Terkadang kutil atau kapalan memang sangat mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, cukup sediakan satu genggam batang patah tulang lalu rebus dengan air hingga mendidih. Biarkan air rebusan tadi hingga hangat, lalu gunakan untuk merendam bagian yang ditumbuhi kutil atau kapalan selama setengah jam.

Untuk hasil maksimal, Anda juga bisa menggunakan param yang terbuat dari tumbukkan batang patah tulang dan putih telur. Balurkan param pada kutil atau kapal, lalu balut dengan kasa. Biarkan hingga mengering dan ganti param dengan yang baru jika diperlukan.

3. Patah tulang

Sesuai namanya, tanaman patah tulang telah lama dipercaya sebagai obat penyambung tulang patah. Caranya, ambil bagian luar batang patah tulang, lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu, balurkan pada area yang mengalami patah tulang, lalu balut dengan perban.

4. Menghilangkan tahi lalat

Tahi lalat sebenarnya ada dua macam, yaitu tahi lalat yang berukuran tetap dan tahi lalat yang terus membesar dan terasa gatal. Tahi lalat yang bisa dihilangkan menggunakan batang patah tulang adalah tahi lalat yang terus membesar dan terasa gatal. Caranya, gosok tahi lalat dengan air perasan jeruk nipis. Setelah itu, oleskan getah patah tulang menggunakan kapas. Lakukan cara ini beberapa kali dalam sehari secara rutin hingga tahi lalat terlihat mengering.

5. Sakit gigi

Belum banyak yang tahu mengenai manfaat batang patah tulang untuk menyembuhkan sakit gigi. Padahal, tanaman patah tulang sangat ampuh menyebabkan nyeri akibat gigi berlubang. Caranya, ambil getah patah tulang lalu teteskan pada gigi yang sakit. Cukup lakukan 1 hingga 2 kali sehari karena getah patah tulang bersifat toksik dan dapat menimbulkan rasa mual jika tertelan.

6. Meringankan nyeri sendi

Sama seperti halnya manfaat batang patah tulang untuk meredakan nyeri gigi. Getah batang tanaman ini juga dapat meredakan nyeri sendi jika dibalurkan pada persendian, terutama jika nyeri disebabkan oleh rematik.

7. Mengatasi penyakit kulit

Getah batang patah tulang bersifat anti jamur sehingga mampu mengatasi aneka penyakit pada kulit. tak hanya itu, sifat anti mikroba dan anti kuman di dalamnya dapat mencegah penularan penyakit kulit melalui air ataupun keringat.

8. Mempercepat penyembuhan luka

Manfaat batang patah tulang lainnya adalah untuk mempercepat penyembuhan luka berdarah. Hal ini dikarenakan getah patah tulang bersifat anti bakteri sehingga mampu mencegah terjadinya infeksi.

9. Mengobati tumor

Khasiat batang patah tulang bisa mengobati penyakit tumor. Tumor biasanya ditandai dengan benjolan pada area tubuh. Untuk mengobatinya, cukup ambil satu ruas batang patah tulang lalu tusuk dengan jarum hingga getahnya menetes. Amil satu tetes getah tersebut, lalu cairkan dengan satu sendok air. Balurkan campuran ini pada area yang memiliki benjolan. Lakukan terus menerus hingga benjolan keluar dengan sendirinya.

10. Mencegah kanker payudara

Selain untuk mengobati kanker, terdapat pula manfaat pohon patah tulang untuk kanker. Sebelum kanker menyerang area payudara, biasanya akan muncul peradangan pada area payudara. Ketika peradangan ini sudah mulai muncul, sebaiknya kompres degan getah batang patah tulang yang dicampur dengan air hangat. Lakukan secara rutin 2 kali sehari untuk hasil maksimal.

Komentar